Penyakit Yang Bisa Menyebabkan Kemandulan

 Penyakit Yang Bisa Menyebabkan Kemandulan

Mandul adalah ketidakmampuan pasangan yang telah berhubungan seksual tanpa kontrasepsi selama beberapa tahun untuk membuahkan kehamilan. Infertilitas, ketidaksuburan atau kemandulan bisa menjadi masalah tersendiri dalam kehidupan rumah tangga. Selain gaya hidup yang tidak sehat, penyakit tertentu juga bisa membuat pria dan wanita tidak bisa memiliki keturunan.

Bagi wanita kemandulan berarti ketidakmampuan mencapai kehamilan akibat dari rusaknya indung telur sehingga tidak dapat memproduksi sel telur. Sedang pada pria artinya ketikmampuan menghasilkan kehamilan akibat dari testis (buah zakar) yang tidak dapat memproduksi spermatozoa.

Fertilitas (kesuburan) pada pria memang tidak hanya bisa dilihat dari keberadaan organ reproduksi yang utuh dan lengkap serta kemampuannya untuk ereksi dan ejakulasi

Ketidaksuburan bisa diakibatkan karena beberapa gangguan penyakit yang di derita diantaranya adalah:
  •     Diabetes
    Diabetes sudah didiagnosa sebagai salah satu penyakit yang menyebabkan masalah infertilitas pada pria. Sesuai penelitian sperma pada pria diabetes mengalami kerusakan DNA. Konsentrasi sperma juga terpengaruhi secara signifikan pada penderita diabetes. Perubahan konsentrasi dan kerusakan DNA menyebabkan embrio tidak bisa terbentuk juga tidak bisa memberikan semua kode genetik.
  •     Penyakit Celiac
    Penyakit Celiac merupakan suatu kondisi di mana lapisan dari usus kecil rusak sehingga tidak bisa menyerap bagian dari makanan yang penting agar tubuh tetap sehat. Wanita yang menderita penyakit ini biasanya memiliki masa reproduksi lebih pendek dan menopause dini. Sedangkan pada pria, penyakit ini dapat menyebabkan disfungsi gonad yang berpengaruh terhadap fungsi testis.
  •     Gondongan
    Gondongan dalam dunia kedokteran dikenal sebagai parotitis atau mumps yaitu adanya radang di kelenjar ludah yang salah satunya adalah parotis. Gondongan merupakan penyakit akut yang sangat menular dan disebabkan oleh infeksi virus Paramiksovirus RNA. Infeksi ini biasanya ditandai oleh demam bersamaan dengan pembengkakan pada satu atau kedua kelenjar ludahnya (salivary glands). Kelenjar ini terletak tepat di depan telinga atau berada di atas tulang pipi rahang atas, yaitu kelenjar yang paling sering terkena. Penyakit gondongan (parotitis) pada anak yang bisa menyerang buah zakar hingga terjadi kemandulan kelak. Penyakit gondongan yang disebabkan oleh virus bisa menyerang buah zakar (testis) sehingga mengganggu kualitas sperma. Selain itu, gondongan pada laki-laki juga bisa menyebabkan komplikasi, yang pada akhirnya juga berpengaruh pada kesuburan.
  •     Endometriosis
    Endometriosis merupakan suatu penyakit dimana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan di dalam lapisan rahim. Endometriosis diperkirakan terjadi pada 10-15% wanita subur yang berusia 25-44 tahun, 25-50% wanita mandul dan bisa juga terjadi pada usia remaja. Biasanya endometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut. Namun pada penderita endometriosis, endometriumnya justru salah tempat dan biasanya melekat pada ovarium (indung telur) dan ligamen penyokong rahim. Sekitar 30-50 Persen wanita yang menderita endometriosis mengalami gangguan kesuburan. Endometriosis yang berat bisa menyebabkan kemandulan karena menghalangi jalannya sel telur dari ovarium ke rahim.
  •     Gangguan tiroid
    Lebih dari 10 persen masalah ketidaksuburan pada wanita ialah berat badan berlebih dan gangguan pada tiroid. Masalah tiroid mempengaruhi ovulasi dan kemampuan seorang wanita untuk mempertahankan kehamilan. Wanita dengan antibodi tiroid memiliki peningkatan jumlah sel pembunuh alami yang menyerang perkembangan embrio, yang berimplantasi mengganggu dan bahkan menyebabkan keguguran pada beberapa kasus. Tetapi tak perlu khawatir bagi yang memiliki gangguan tiroid.

Komentar